Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Mikroskop merupakan salah satu alat atau perangkat yang banyak ditemui di dalam sebuah laboratorium. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengamati sebuah objek yang berukuran sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Meskipun alat ini terlihat sederhana, namun bagian-bagian mikroskop dan fungsinya juga sangat banyak serta beragam. Bila Anda sedang mencari informasi mengenai bagian-bagian dari alat ini, berikut ulasannya.

Daftar Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya yang Sangat Penting


1. Lensa Okuler

Bagian paling atas dari sebuah mikroskop adalah lensa okuler. Lensa ini merupakan bagian yang sangat penting fungsinya yakni sebagai tempat Anda meletakkan mata untuk melihat sebuah objek dengan alat tersebut. Selain itu, fungsi dari dari lensa okuler juga untuk mengatur besar kecilnya tampilan objek dari lensa objektif.

2. Lensa Objektif

Pada umumnya sebuah mikroskop memiliki 3 buah lensa objektif yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan oleh penggunanya. Dengan menggunakan lensa tersebut, tentunya untuk mengamati objek kecil menjadi lebih fleksibel. 


3. Tabung Mikroskop

Untuk mengatur fokus dari lensa, tabung mikroskop sangat diperlukan. Selain itu, bagian ini juga sebagai penghubung lensa okuler dengan lensa objektif.

4. Makrometer

Makrometer atau pemutar kasar pada sebuah mikroskop berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop. Agar memperoleh tampilan yang diinginkan, biasanya pengguna harus memutarnya sedikit lebih cepat.

5. Mikrometer

Selain ada makrometer, mikrometer juga berfungsi hal yang sama. Namun, yang membedakan adalah kecepatan pemutaran yang halus untuk bisa memperlihatkan objek yang lebih jelas.

6. Revolver

Apabila ingin tampilan objek yang lebih besar, maka Anda harus mengaturnya melalui Revolver. Sistem kerja dari revolver yaitu memperbesar atau mengecilkan objek dengan cara memutarnya dari kanan ke kiri, atau sebaliknya dan tergantung dari lensa juga.  (rumus mikroskop)

7. Reflektor

Salah satu bagian-bagian mikroskop dan fungsinya yang paling penting adalah reflektor untuk memantulkan cahaya. Umumnya, reflektor sendiri menggunakan cermin datar untuk meneruskan cahaya. Akan tetapi, bila jumlah cahaya sangat kurang di ruangan tersebut, maka akan diganti dengan cermin cekung.

8. Diafragma

Untuk mengatur jumlah cahaya yang digunakan untuk mengamati objek, diperlukan sebuah diafragma. Sama seperti diafragma pada sebuah kamera, bagian ini juga bisa diatur sesuai kebutuhan.

9. Kondensor

Berbeda dengan diafragma, kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. Sehingga bagian ini dapat bekerja karena adanya reflektor.

10. Meja Mikroskop

Meja mikroskop adalah bagian dimana Anda bisa menempatkan objek pengamatan. Agar bisa melihat objek dengan jelas, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian ini.

11. Penjepit Kaca

Agar letak objek stabil, pastinya membutuhkan bantuan dari penjepit kaca yang terletak pada meja mikroskop.

12. Lengan Mikroskop

Selain ada penjepit kaca untuk kestabilan pengamatan, Anda juga harus menjaga letak mikroskop itu sendiri agar tidak bergeser. Agar tidak terjadi hal tersebut, maka Anda harus memegang mikroskop pada bagian lengannya..

13. Kaki Mikroskop

Bagian penting lainnya yang sangat penting adalah kaki mikroskop. Fungsi dari bagian tersebut adalah menopang alat saat pengamatan.

14. Sendi Inklinasi

Agar pengamatan bisa berjalan dengan baik, tentunya tingkat kemiringan juga harus diperhatikan. Salah satu bagian yang berfungsi untuk mengatur hal tersebut adalah sendi inklinasi.

Itulah bagian-bagian mikroskop dan fungsinya paling utama yang membantu para peneliti untuk mengamati objek yang sangat kecil. Tentunya bagian-bagian tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga untuk penggunaannya juga sangat disarankan untuk selalu berhati-hati. Semoga ulasan di atas dapat menambah informasi mengenai mikroskop yang sedang Anda cari.


Bagian bagian Mikroskop dan Fungsinya - Ditzbrand