Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Mikrometer Sekrup dan Penjelasannya

Fungsi Mikrometer Sekrup

Anda yang bekerja dalam bidang industri dan penelitian tentu tidak asing dengan adanya mikrometer sekrup. Alat ukur yang sering digunakan untuk mengukur barang berukuran kecil ini menghasilkan ukuran yang lebih presisi. Berikut ini merupakan fungsi mikrometer sekrup yang sebaiknya Anda ketahui.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Alat ini (mikrometer) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang benda, sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat dan presisi. Ia juga bisa mengukur ketebalan benda dengan mengukur bagian diameter luarnya. Tingkat ketelitian yang akan Anda dapatkan adalah 0,01 mm atau setara dengan 10-5 m.

Walaupun alat ini memiliki nama mikro, namun bukan berarti ia bisa digunakan untuk mengukur suatu benda dengan skala mikrometer. Kata mikro yang disematkan dalam nama tersebut merupakan bahasa Yunani, yang merupakan kata micros. Micros memiliki arti kata kecil, yang kemudian diserap menuju bahasa Inggris.

Kegunaan dan Fungsi

Alat ini memiliki fungsi yang cukup beragam, yang bisa disesuaikan dengan jenis mikrometer sekrup yang dimilikinya. Berikut merupakan fungsi dari alat ukur ini, yang dibagi berdasarkan jenisnya:
  • Mikrometer luar, alat ini memiliki fungsi untuk mengukur benda dengan ukuran yang kecil. Misalnya kawat yang tipis, lapisan-lapisan pada suatu benda, hingga batang dan blok tertentu.
  • Mikrometer dalam, jenis kedua memiliki fungsi untuk mengukur garis tengah pada suatu benda berukuran bulat. Ia juga digunakan untuk mengukur diameter suatu lubang dengan ukuran yang bisa dijangkau.
  • Mikrometer kedalaman, jenis yang terakhir merupakan mikrometer yang digunakan untuk mengukur kedalaman, sesuai dengan namanya. Mikrometer kedalaman juga bisa digunakan untuk mengukur ketinggian suatu benda.
Sedangkan untuk kegunaan dan fungsi mikrometer sekrup secara umum, ia digunakan untuk mengukur panjang, tebal serta diameter suatu benda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ia memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan jangka sorong. Rumus mikrometer sekrup

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana langkah dan cara yang benar untuk menggunakan alat ini, yakni:
  1. Pastikan bahwa alat ukur mikrometer telah terbuka, kemudian siapkan benda yang hendak diukur.
  2. Lanjutkan dengan mengecek poros mikrometer tetap dan geser yang ada. geserkan sampai bertemu dengan skala nonius dan skala utama pada angka nol di alat ukur tersebut.
  3. Buka rahang alat ukur ini, bisa digerakkan ke bagian kiri benda, kemudian masukkan benda ke dalam tempat yang ada.
  4. Tutup rahang mikrometer sekrup, kemudian ukur menggunakan poros geser dan tetap. Ketika proses pengukuran sedang berlangsung pastikan bahwa benda terjepit dengan kuat dan tidak bergeser.
  5. Setelah selesai, lihat pada skala nonius dan utamanya, jumlahkan kedua angka tersebut untuk mendapatkan hasil dari pengukuran benda.
Untuk mengukur benda yang sedang diukur, Anda cukup melihat bagian skala nonius dan utamanya. Jika kedua angkanya sudah ditemukan, Anda hanya perlu menjumlahkan kedua angka tersebut untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jika ingin mendapatkan hasil secara langsung atas perhitungan yang dilakukan, Anda bisa menggunakan mikrometer sekrup yang digital.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi mikrometer sekrup yang sebaiknya Anda ketahui. Guna memudahkan Anda ke depannya, informasi tersebut dibuat selengkap mungkin dengan menambahkan beberapa penjelasan yang sekiranya diperlukan. Sehingga pengguna pemula yang baru pertama kali menggunakan alat ini bisa memakainya dengan benar.


Fungsi Mikrometer Sekrup - Ditzbrand

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Mikrometer Sekrup dan Penjelasannya"